METODE RISET BISNIS
WARUNG INTERNET
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Seiring zaman globalisasi, kita dituntut untuk bisa mengetahui lebih banyak informasi dan
komunikasi dengan lebih cepat dan efisien serta kebutuhan untuk berkomunikasi kini sangat
besar sekali dan ditunjang dengan teknologi maka informasi dan komunikasi akan lebih
mudah kita dapatkan dan lakukan.
Dengan melihat hal tersebut maka demi memenuhi akses informasi dan komunikasi, kami
ingin mendirikan dan mengadakan suatu sarana prasarana internet atau yang lebih dikenal
dengan sebutan warnet.
1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang ada, maka permasalahan yang
diambil adalah :
Apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan ?
1.3. Maksud dan Tujuan
Maksud pendirian tersebut agar masyarakat sekitar lebih mengenal dunia teknologi yang
terus berkembang khususnya internet sebagai sarana mendapatkan informasi dan juga alat
untuk berkomunikasi.
Tujuan Sosial:
a. Memudahkan mengakses informasi secara lebih cepat, baik dari dalam negeri maupun
luar negeri.
b. Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi
dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Komersial:
a. Sebagai lahan berwirausaha.
b. Mendapatkan Profit
1.4. Kebutuhan SDM
Untuk mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
• Konsultan warnet
• Tenaga ahli listrik
• Tenaga ahli networking
• Tenaga ahli komputer
• Marketing
• Operator warnet
Dari uraian kebutuhan SDM diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator warnet,
kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk honor warnet
diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali
operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa lagiA. NAMA USAHA
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “Core-Net”.
1.5. Struktur Organisasi
Pemilik Modal Warnet
yaitu seseorang atau lebih, ataupun sebuah institusi atau lebih, yang menyediakan modal usaha baik uang, perangkat keras/lunak maupun tempat usaha bagi pendirian sebuah warnet. Dalam hal pendirian sebuah warnet, pemilik modal warnet diharapkan:
1. Pemilik Modal Warnet harus memperhatikan dan mengkaji dengan benar aspek-aspek sosial pada masyarakat sekitar tempat rencana pendirian warnet. Aspek sosial tersebut antara lain daya beli masyarakat, tingkat pemahaman masyarakat tentang Internet, kebutuhan masyarakat terhadap Internet dan strata sosial dan jenis komunitas yang berdekatan dengan warnet tersebut (perumahan, pendidikan atau bisnis).
yaitu seseorang atau lebih, ataupun sebuah institusi atau lebih, yang menyediakan modal usaha baik uang, perangkat keras/lunak maupun tempat usaha bagi pendirian sebuah warnet. Dalam hal pendirian sebuah warnet, pemilik modal warnet diharapkan:
1. Pemilik Modal Warnet harus memperhatikan dan mengkaji dengan benar aspek-aspek sosial pada masyarakat sekitar tempat rencana pendirian warnet. Aspek sosial tersebut antara lain daya beli masyarakat, tingkat pemahaman masyarakat tentang Internet, kebutuhan masyarakat terhadap Internet dan strata sosial dan jenis komunitas yang berdekatan dengan warnet tersebut (perumahan, pendidikan atau bisnis).
Manager Warnet
yaitu adalah seseorang yang bertanggung-jawab dalam menjabarkan strategi yang telah dirancang oleh pemilik modal dan merancang tindakan-tindakan taktis untuk dijalankan setiap harinya. Dalam hal perancangan tindakan taktis tersebut, manager warnet diharapkan:
1. Manager Warnet bertugas menyusun program-program promosi yang sifatnya edukatif dan positif terhadap para pelanggan warnet dan pengguna potensial dari masyarakat atau komunitas sekitar.
yaitu adalah seseorang yang bertanggung-jawab dalam menjabarkan strategi yang telah dirancang oleh pemilik modal dan merancang tindakan-tindakan taktis untuk dijalankan setiap harinya. Dalam hal perancangan tindakan taktis tersebut, manager warnet diharapkan:
1. Manager Warnet bertugas menyusun program-program promosi yang sifatnya edukatif dan positif terhadap para pelanggan warnet dan pengguna potensial dari masyarakat atau komunitas sekitar.
Admin Warnet
yaitu seseorang yang bertanggung-jawab sehari-hari dalam menjalankan aktifitas bisnis warnet secara operasional. Dalam aktifitas operasional tersebut, admin warnet diharapkan:
1. Admin Warnet bertugas membantu penyewa dalam mendapatkan kualitas Internet yang setara dengan yang dijanjikan atau uang yang dikeluarkan, serta memberikan kompensasi tertentu kepada penyewa apabila tidak dapat terlaksana, sesuai dengan program yang telah disusun bersama dengan manager.
yaitu seseorang yang bertanggung-jawab sehari-hari dalam menjalankan aktifitas bisnis warnet secara operasional. Dalam aktifitas operasional tersebut, admin warnet diharapkan:
1. Admin Warnet bertugas membantu penyewa dalam mendapatkan kualitas Internet yang setara dengan yang dijanjikan atau uang yang dikeluarkan, serta memberikan kompensasi tertentu kepada penyewa apabila tidak dapat terlaksana, sesuai dengan program yang telah disusun bersama dengan manager.
Operator Warnet
yaitu orang yang bertugas melayani user atau konsumen warnet setiap.
yaitu orang yang bertugas melayani user atau konsumen warnet setiap.
1.6. Aktivitas
Warnet baru - New comer
Perhitungkan jumlah pesaing anda dalam radius 500 m, rata-rata biaya rental/jam, fasilitas yang mereka miliki dan tingkat kecepatan koneksi internet mereka. lakukan strategi berikut ini :
- 2 minggu awal berlakukan tarif promo setengah harga dari harga umum
- sebarkan brosur promo dalam radius 1 km
- proteksi rental anda dengan antivirus, deep freeze dan install block
- service air mineral gratis khusus rental diatas 2 jam
- bersikap sopan, ramah dan akrab dengan pengunjung baru
- siapkan recehan (warnet baru biasanya belum terbiasa)
- siapkan selalu musik pengiring (mp3 dari server)
2. Warnet - Ready to compete
Persiapkan fasilitas tambahan, stock spare part dan amati strategi pesaing
- berlakukan tarif terendah/samakan tarif dengan pesaing anda
- berlakukan tarif paket (misal 1 jam/Rp.3000, 2/Rp.5000, 3/Rp.7000)
- berlakukan tarif happy hour diatas jam 11 malam (misal Rp.2000/jam)
- selalu tersedia soft drink, makanan ringan ataupun rokok
- check rutin tiap pagi all PC (langsung atau via server)
- pasang papan aturan warnet di tiap counter PC
- selalu siapkan 1 unit PC/monitor untuk stock darurat bila ada yang rusak
- survey 2 minggu sekali ke rental pesaing (via mata-mata)
- lakukan perubahan service dan menjaganya sesuai situasi
3. Warnet - Ready to chalenge
Situasi ini bila warnet anda dalam posisi di tekan persaingan ketat dan jumlah pesaing yang terus bertambah, ditambah nilai harga yang fluktuatif.
- ukur nilai aset yang anda miliki saat ini (PC, tempat, fasilitas)
- maintenance/perawatan berkala PC dan ruangan rental
- berlakukan semua point kedua diatas (warnet - ready to compete)
- buat sistem member bagi pelanggan reguler (berlaku diskon/free hour)
- tiap 3-6 bulan sekali lakukan perubahan setting ruangan (cat/dekor)
- periodik tertentu (misal 6 bulan) upgrade PC anda (webcam, monitor LCD dll)
- amati kenyamanan pengunjung (jenis musik pengiring, AC dll)
Perhitungkan jumlah pesaing anda dalam radius 500 m, rata-rata biaya rental/jam, fasilitas yang mereka miliki dan tingkat kecepatan koneksi internet mereka. lakukan strategi berikut ini :
- 2 minggu awal berlakukan tarif promo setengah harga dari harga umum
- sebarkan brosur promo dalam radius 1 km
- proteksi rental anda dengan antivirus, deep freeze dan install block
- service air mineral gratis khusus rental diatas 2 jam
- bersikap sopan, ramah dan akrab dengan pengunjung baru
- siapkan recehan (warnet baru biasanya belum terbiasa)
- siapkan selalu musik pengiring (mp3 dari server)
2. Warnet - Ready to compete
Persiapkan fasilitas tambahan, stock spare part dan amati strategi pesaing
- berlakukan tarif terendah/samakan tarif dengan pesaing anda
- berlakukan tarif paket (misal 1 jam/Rp.3000, 2/Rp.5000, 3/Rp.7000)
- berlakukan tarif happy hour diatas jam 11 malam (misal Rp.2000/jam)
- selalu tersedia soft drink, makanan ringan ataupun rokok
- check rutin tiap pagi all PC (langsung atau via server)
- pasang papan aturan warnet di tiap counter PC
- selalu siapkan 1 unit PC/monitor untuk stock darurat bila ada yang rusak
- survey 2 minggu sekali ke rental pesaing (via mata-mata)
- lakukan perubahan service dan menjaganya sesuai situasi
3. Warnet - Ready to chalenge
Situasi ini bila warnet anda dalam posisi di tekan persaingan ketat dan jumlah pesaing yang terus bertambah, ditambah nilai harga yang fluktuatif.
- ukur nilai aset yang anda miliki saat ini (PC, tempat, fasilitas)
- maintenance/perawatan berkala PC dan ruangan rental
- berlakukan semua point kedua diatas (warnet - ready to compete)
- buat sistem member bagi pelanggan reguler (berlaku diskon/free hour)
- tiap 3-6 bulan sekali lakukan perubahan setting ruangan (cat/dekor)
- periodik tertentu (misal 6 bulan) upgrade PC anda (webcam, monitor LCD dll)
- amati kenyamanan pengunjung (jenis musik pengiring, AC dll)
1.5. Rencana Lokasi Usaha
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai
berikut :
• Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu Sekolah Menengah Umum dan
Sekolah Menengah Pertama.
• Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
• Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Pasar Cikampek, dengan pertimbangan :
• Dilokasi belum ada warnet dalam radius 2 KM.
• Disekitar lokasi terdapat beberapa sekolah antara lain : SMAN 1 Tamansari, SMPN 2
Tamansari, dan SMkN 1 Tamansari.
• Lokasi berada kawasan pasar yang ramai.
• Lokasi berada pada perumahan penduduk.
1.6. Target Pelanggan
Target pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan pemuda masyarakat disekitarnya. Mereka
menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekwensinya cukup tinggi. Umumnya
mereka hanya membuka program chatting juga games online dan situs www.Friendster.com
dan www.facebook.com
1.7. Jenis Usaha
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki
adalah :
1. Warnet & Games Online (konsentrasi pada bulan pertama)
2. Service komputer (pada bulan ke-3)
3. Penjualan Voucher Handphone (pada bulan ke-4)
4. Digital Printing (pada bulan ke-5)
Modal Awal :
1. Perizinan Rp. 1000.000
2. - DP Sewa Gedung/Ruko Rp. 500.000
- AC Rp. 500.000
- Meja & Kursi 5 Set Rp. 1000.000
- Pendaftaran Pelanggan PLN+Pemasangan Rp. 1000.000
- Biaya Pemasangan Modem & Speedy Rp. 500000
Perangkat komputer Client
spesifikasi :
-Processor Intel Pentium 4 3,00 Ghz
-RAM 1Gb
-Hardisk 40Gb Rp. 2500.000 x 4 Pc
-Monitor LCD = Rp. 10.000.000
-Keyboard Classic
-Mouse Optic
Perangkat komputer Server
spesifikasi :
-Processor intel pentium Core 2 Duo
-RAM 1 Gb Rp. 3000.000
-VGA 256 Mb
-Hardisk 80Gb
-Keyboard Multimedia
3. Hardware
-Kabel UTP 50 Meter Rp. 500.000
-Hub 10 Port Rp. 500.000
-Switch Rp. 500.000
-Layanan ISP Telkom Speedy + Modem Rp. 200.000
-Printer Rp. 800.000
-Socket RJ45 10 Buah Rp. 50.000
-Headset & Webcam Rp. 100.000x5=Rp.500.000
4. Software
- OS Ms Windows XP Professional Original Rp. 1300.000
5. Biaya Tak Terduga Rp. 500.000
6. Biaya Pengiriman & Administrasi Rp. 1500.000
Biaya Operasional :
1. Sewa Gedung Rp. 800.000/bln
2. Biaya Listrik Rp. 400.000/bln
3. Biaya Koneksi Internet Rp. 500.000/bln +
Jumlah Keseluruhan Rp. 25.000.000G.
Modal yang kami butuhkan untuk medirikan warnet ini plus biaya operasioanl selama 1 bulan
pertama adalah Rp 25.000.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp 2.000.000,- per
bulannya.
Perkiraan Pendapatan Kotor (Bruto):
Buka Dari Jam 07.00 s.d. 24.00 = 17 Jam
Sewa Per Jam = Rp. 4000
Perkiraan Sewa Per Hari = 10 Jam X 4= 40 Jam
Perkiraan Pendapatan Per Hari = 40 x 4000
= Rp. 160.000
Perkiraan Pendapatan Per Bulan = Rp. 160.000 x 30
Total = Rp. 4800.000
Perkiraan Pengeluaran :
- Listrik = Rp. 500.000/Bulan
- Biaya Telpon & Speedy = Rp. 500.000/Bulan
- Sewa Gedung/Ruko = Rp. 800.000/Bulan
- Gaji Operator = Rp. 400.000/Bulan
- Gaji OB & Satpam = Rp. 600.000/Bulan +
Rp. 2.500.000
Perkiraan Pendapatan Bersih/Bulan:
Pendapatan Kotor = Rp. 4800.000
Pengeluaran = Rp. 2800.000 -
Jumlah = Rp. 2300.000
H. STRATEGI PROMOSI
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer
dan internet.
I. PENUTUP
Demikian penelitian yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan
bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar