RISET PEMASARAN DAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN
PROSES RISET PEMASARAN
Proses riset pemasaran mempunyai empat ( 4 ) langkah :
- Menetapkan Permasalahan dan tujuan riset.
a. Riset Eksploratoris, riset pemasaran untuk mengumpulkan informasi awal yang akan membantu mendefinisikan permasalahan dan menawarkan hipotesis.
b. Riset Deskriptif, riset pemasaran yang bertujuan secara lebih baik mendeskripsikan masalah, situasi pemasaran, akan pasar, seperti potensi pasar suatu produk atau demografi dan perilaku konsumen mereka.
c. Riset kausal, riset pemasaran untuk menguji hipotesis hubunhan sebab akibat.
- Mengembangkan rencana riset untuk mengumpulkan informasi.
a. Menentukan kebutuhan informasi spesifik.
b. Mengumpulkan informasi skunder.
c. Perencanaan Pengumpulan data primer.
- Riset observasi, pengumpulan data primer dedngan mengobservasi orang, tindakan dan situasi yang relevan.
- Riset Survey, aktivitas pengumpulan data dengan cara menanyakan pertanyaan kepada orang mengenai pengetahuan,sikap, preferensi dan perilaku pembelian mereka.
- Wawancara Kelompok focus, wawancara pribadi yang melibatkan enam sampai sepuluh orang selama beberapa jam untuk membicarakan produk, jasa atau organisasi.
- Mempresentasikan perencanaan riset, pada tahap ini periset pemasaran seharusnya merangkum perencanaannya dalam sebuah proposal tertulis.
- Mengimplementasikan rencana riset.
Proses ini mencakup pemgumpulan, pemrosesan dan penganalisaan informasi. Pengumpulan data dapat dilakukan oleh staf riset pemasaran atau perusahaan lain.
- Mengimplementasikan dan melaporkan penemuan.
Peneliti kemudian mengimplementasikan temuan- temuannya, menarik kesimpulan dan melaporkannya kepada manajemen.
PERTIMBANGAN RISET PEMASARAN LAINNYA
1. Riset pemasaran pada Usaha Kecil dan Organisasi Nonprofit.
2. Riset Pemasaran Internasional.
3. Kebijakan publik dan etika dan Riset Pemasaran.
a. Gangguan terhadap Privasi Konsumen.
b. Penyalahgunaan Hasil Riset.
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Adalah suatu struktur yang berlanjut dan saling terkait dari orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, memilih, menganalisa, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan, tepat waktu dan akurat bagi para pengambil keputusan pemasaran.
Menilai Kebutuhan Informasi
Sistem pemasaran yang baik akan selalu mengembangkan antara informasi yang inggin dimiliki oleh manajer dengan apa yang seharusnya mereka butuhkan dan apa yang layak ditawarkan.
Mengembangkan Informasi.
Informasi yang dibutuhkan oleh para menajer pemasaran bisa dipaparkan dari data internal, intelegen dan riset pemasaran. Sistem analisis informasi kemudian memproses informasi itu intuk membuatnya menjadi lebih berguna bagi para manajer.
n Data Internal
Merupakan kumpulan informasi terkomputerisasi yang didapat dari sumber data di dalam perusahaan.
n Inteligen Pemasaran
Informasi harian mengenai perkembangan lingkungan pemasaran yang membantu manajer menyiapkan dan menyesuaikan rencana pemasaran mereka.
n Riset Pemasaran
Desain, koreksi, analisa, pengumpulan, dan pelaporan data yang sistimatis yang sesuai dengan situasi pemasaran yang dihadapi sebuah organisasi.
n Analisis Informasi
Data yang sudah dikumpulkan oleh perusahaan inteligen pemasaran dan sistem riset pemasaran seringkali membutuhkan analisa lebih lanjut dan seringkali manajer membutuhkan bantuan lebih banyak dalam mengunakan informasi itu ke permasalahan dan keputusan pemasaran mereka.
n Mendistribusikan Informasi
Informasi yang dikumpulkan oleh intelegen pemasaran dan riset pemasaran harus didistribusikan kepada manajer pemasaran yang tepat pada saat yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar