Senin, 16 April 2012

MARKETING RESEARCH + DOC

RISET PEMASARAN DAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN


PROSES RISET PEMASARAN

Proses riset pemasaran mempunyai empat ( 4  ) langkah :
  1. Menetapkan Permasalahan dan tujuan riset.
a.     Riset Eksploratoris, riset pemasaran untuk mengumpulkan informasi awal yang akan membantu mendefinisikan permasalahan dan menawarkan hipotesis.
b.    Riset Deskriptif, riset pemasaran yang bertujuan secara lebih baik mendeskripsikan masalah, situasi pemasaran, akan pasar, seperti potensi pasar suatu produk atau demografi dan perilaku konsumen mereka.
c.    Riset kausal, riset pemasaran untuk menguji hipotesis hubunhan sebab akibat.

  1. Mengembangkan rencana riset untuk mengumpulkan informasi.
a.     Menentukan kebutuhan informasi spesifik.
b.    Mengumpulkan informasi skunder.
c.    Perencanaan Pengumpulan data primer.
-           Riset observasi, pengumpulan data primer dedngan mengobservasi orang, tindakan dan situasi yang relevan.
-           Riset Survey, aktivitas pengumpulan data dengan cara menanyakan pertanyaan kepada orang mengenai pengetahuan,sikap, preferensi dan perilaku pembelian mereka.
-           Wawancara Kelompok focus, wawancara pribadi yang melibatkan enam sampai sepuluh orang selama beberapa jam untuk membicarakan produk, jasa atau organisasi.
-           Mempresentasikan perencanaan riset, pada tahap ini periset pemasaran seharusnya merangkum perencanaannya dalam sebuah proposal tertulis.

  1. Mengimplementasikan rencana riset.
        Proses ini mencakup pemgumpulan, pemrosesan dan     penganalisaan informasi. Pengumpulan data dapat    dilakukan oleh staf riset pemasaran atau    perusahaan lain.

  1. Mengimplementasikan dan melaporkan penemuan.
        Peneliti kemudian mengimplementasikan temuan- temuannya, menarik kesimpulan dan melaporkannya   kepada manajemen.


PERTIMBANGAN RISET PEMASARAN LAINNYA

1.      Riset pemasaran pada Usaha Kecil dan Organisasi Nonprofit.
2.      Riset Pemasaran Internasional.
3.      Kebijakan publik dan etika dan Riset Pemasaran.
a.  Gangguan terhadap Privasi Konsumen.
b.  Penyalahgunaan Hasil Riset.

SISTEM INFORMASI PEMASARAN

Adalah suatu struktur yang berlanjut dan saling terkait dari orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, memilih, menganalisa, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan, tepat waktu dan akurat bagi para pengambil keputusan pemasaran.

Menilai Kebutuhan Informasi

Sistem pemasaran yang baik akan selalu mengembangkan antara informasi yang inggin dimiliki oleh manajer dengan apa yang seharusnya mereka butuhkan dan apa yang layak ditawarkan.

Mengembangkan Informasi.
Informasi yang dibutuhkan oleh para menajer pemasaran bisa dipaparkan dari data internal, intelegen dan riset pemasaran. Sistem analisis informasi kemudian memproses informasi itu intuk membuatnya menjadi lebih berguna bagi para manajer.
n  Data Internal
        Merupakan kumpulan informasi terkomputerisasi yang didapat dari sumber data di dalam perusahaan.

n  Inteligen Pemasaran
        Informasi harian mengenai perkembangan lingkungan    pemasaran yang membantu manajer menyiapkan dan     menyesuaikan rencana pemasaran mereka.

n  Riset Pemasaran
        Desain, koreksi, analisa, pengumpulan, dan pelaporan data yang sistimatis yang sesuai dengan situasi pemasaran yang dihadapi sebuah organisasi.

n  Analisis Informasi
        Data yang sudah dikumpulkan oleh perusahaan    inteligen pemasaran dan sistem riset pemasaran       seringkali membutuhkan analisa lebih lanjut dan         seringkali manajer membutuhkan bantuan lebih banyak         dalam mengunakan informasi itu ke permasalahan dan      keputusan pemasaran mereka.
n  Mendistribusikan Informasi
        Informasi yang dikumpulkan oleh intelegen pemasaran dan riset pemasaran harus didistribusikan kepada      manajer pemasaran yang tepat pada saat yang tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar