Sabtu, 24 September 2011

INTERNET MARKETING

BERBAGAI CARA PEMASARAN DI INTERNET
Posted by: dhedisav on: December 5, 2008
·         In: Macam-Macam Bisnis Internet

AFFILIATE PROGRAM
Di affiliate marketing kita mendapat uang jika bisa mempertemukan penjual dan pembeli. Barang itu bisa produk, jasa maupun informasi.
Cara kerjanya, kita daftar di affiliate marketer (situs penjual) kemudian situs tersebut akan memberi kita sebuah link khusus untuk kita. Maksudnya begini, kalau kisanak memasang link diblog dan si Udin mengklik link itu, maka Udin akan masuk ke situs penjual tadi. Dan dg link itu penjual bisa tau bahwa si Udin datang atas referensi dari kisanak.

Nah, dari sini kisanak bisa dapat duit dlm berbagai cara, diantaranya:
- PPS (Pay Per Sale)
Si Udin beli produk dari penjual, baru kisanak dibayar.
- PPL (Pay Per Lead) / CPA (Cost Per Action)
Kalau disitus itu si Udin mendaftar/sign up dan mengisikan     data-data, kisanak dapat bayaran juga.
Dengan cara yg mana kisanak dibayar tentunya sesuai dengan perjanjian sebelumnya.
Melanjutkan legenda si Udin, <hayah..>
Jika selanjutnya si Udin mendaftar sebagai anggota, kemudian Udin membawa orang lain lagi untuk didaftarkan, kemungkinan kisanak juga bisa ikut menikmati bayarannya tergantung dari model pembayaran yg ditetapkan oleh affiliate marketer.
Kalo tingkat pembayaran 2-Tear Commission, kita dapat bayaran dari hasil penjualan sendiri dan penjualan downline (si Udin). Tapi tidak untuk Single Tear Commission karena di sini kita dapat bayar dari penjualan kita sendiri saja.
Untuk jadi anggota dari affiliate program, setidaknya kita harus punya blog/website. Ya di blog itulah kita pasang link yang didapat dari affiliate marketer. Tujuannya agar pengunjung blog kita mengklik link yang dimaksud.
Contoh dan keterangan situs affiliate silahkan intip di DAFTAR AFFILIATE PROGRAM.

CONTEXTUAL ADVERTISING
Maksudnya kita menawarkan tempat di blog/website yang kita miliki untuk dipasangi iklan.
Sistemnya begini, di sini ceritanya saya sebagai penjual membayar google agar membuatkan iklan tentang situs yang saya miliki (nama programnya Google Adwords). Sementara kisanak di situ punya blog, dan blog itu kisanak tawarkan ke google agar google memasang iklan di blog kisanak (nama programnya Google Adsense). Jika diapprove sama google, maka di blog kisanak akan terpasang iklan dengan tanda “ads by Google”. Dan iklan di situ berisi beberapa situs yg mengikuti Google Adwords seperti saya.
Iklan tersebut bisa berbentuk banner maupun text. Kisanak dibayar jika seseorang mengklik iklan yang dipasang di blog kisanak. Model bisnis seperti inilah yang biasa disebut Pay Per Click (PPC). Sering dengar kan?
Daftar situs dan keterangannya ADA DI SINI.

WEBSITE AND DOMAIN FLIPPING
Jualan situslah gampangnya.. Kisanak bisa jual website kisanak, semua sekalian contentnya. Tp ya website yang bermutu. Pengukurannya bisa dilihat dari pagerank. Kalo PRnya tinggi ya bisa dijual mahal. Apalagi kalo website itu sangat “menghasilkan”. Begitu juga dengan domain. Hanya sekedar nama tapi hasilnya lumayan juga lho.
Yang dibutuhkan di sini adalah keahlian kita membangun sebuah website. Mungkin tak mudah bagi pemula, tapi sedikit demi sedikit semoga kisanak bisa paham dan menguasai.
Para pemain biasanya jualan link sambil menunggu websitenya laku. Maksudnya jualan link itu, kita menyediakan tempat di website kita untuk dipasangi link oleh website lain. Kayaknya sih cuma sepele, tapi hasilnya gede juga lho.
Tips dan triknya menyusul ya..

RESELLING PRODUCT
Tak perlu bingung mau jualan apa kalo kisanak gak punya barang. Kisanak bisa beli barang dari internet dan menjualnya lagi juga lewat internet. Biasanya produk-produk seperti e-book, atau video tutorial. Contohnya kita membeli suatu e-book, kemudian menjualnya kembali kepada beberapa pembeli. Ada dua pembeli aja kan kita udah gain profit. Tapi ya kisanak harus mau berkorban modal dulu.
Ada dua tipe reselling product, yaitu PLR dan RR.
PLR (Private Label Rights), maksudnya kisanak bisa mengubah status kepemilikan dari produk tersebut. Kisanak bisa mengklaimnya sebagai milik pribadi dengan melakukan rebranding pada produk tersebut sehingga kisanak memiliki hak penuh untuk menjualnya kembali, terutama penentuan harga.
RR (Resale Rights), maksudnya kita bisa menjual produk itu tapi tidak boleh merebrandnya. Jadi saat menjualnya kembali kisanak harus mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh pencipta.
Saya sendiri belum pernah jualan e-book. Mungkin karena cenderung lebih suka menulis di website agar semua orang bisa ikut belajar, sekalipun minim dana.

SALE YOUR OWN PRODUCT
Menjual produk buatan sendiri. Kalau kisanak punya skill pada suatu bidang, berkreasilah. Segala macam produk yang bisa kisanak buat, maka buatlah.
Produk yang cenderung mudah dibuat dan paling sering ditawarkan adalah software dan e-book. Ya jelas, karena tak perlu ongkos kirim. Kan tinggal download..
Dan kali ini juga, saya gak pernah bikin e-book. Apalagi menjualnya, kang mas mbak yu.. Kalo ada yang ingin tau ya saya jawab sepengetahuan saya. Kalo ga ditanya ya diem aja to. Hehe..
Tapi kalo kisanak tertarik ya memang, asal produk kisanak berkualitas, pasti untung banyak. Strategi pemasarannya juga berpengaruh besar. Dan yang pasti kisanak butuh website sebagai toko online buat jual produknya.
Tips dan trik menyusul..

SERVICE SELLING
Kalau kisanak punya keahlian khusus, alangkah baiknya kisanak tawarkan lewat internet. Kali ini kisanak menjual jasa. Begitulah service selling. Misal kisanak jago Bahasa Inggris, bisa nawarin jasa translate di internet. Biasanya lewat blog/website juga. Kalo pinter bikin skripsi ya pasang-pasang artikel, konsultasi, sampai jasa pembuatan. Siapa tau kan kalo saya yang minta dibikinin bisa digoyang tarifnya.. Hehe..
Contoh lain ya desain grafis, jasa pembuatan web, sampe ada juga yang nawar-nawarin jasa cracking. Wah, yang itu tidak baik.. Ada juga jasa periklanan, bikin software, pangkas rambut, sol sepatu, cuci motor, vermak jeans.. Loh.. Loh.. =D
Panduan, tips dan trik dapat dilihat DI SINI.
Yang paling saya sukai dari bagian ini, kita tidak harus mempunyai blog/website. Sebagai penjual jasa, kita bisa menjadi freelance. Freelance?? Ya, karena kita yang mencari pekerjaan tersebut. Caranya kita bisa gabung ke situs penyedia jasa. Di sana banyak sekali pekerjaan yang dapat kita temukan. Dari tugas mereview product, memasukkan data account, melakukan survey, menerjemahkan bahasa dan masih banyak lagi. Tentunya dengan menyesuaikan kapasitas kemampuan yang kita miliki.
Beberapa pekerjaan yang sangat mudah untuk pemula bisa saya temui di sini. Dan kali pertama saya menginjakkan kaki di internet untuk mengais rejeki, memang di bidang ini. Ngumpulin modal dulu..
Saya masukkan juga dalam kategori ini yaitu PTR, PTC, PPP dan sebagainya, karena di sini kita dapat duit sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan.
Jenis-jenisnya, tips dan trik serta keterangan lebih lanjut saya bahas di MACAM-MACAM FREELANCE JOB.
OUTSOURCING MEDIA
Inilah yang saya maksud sebagai penyedia jasa di atas. Bagian outsourcing dapat untung dari kegiatannya mempertemukan freelance dengan pembeli. Di sini freelance sebagai penjual jasa dan pembeli sebagai pihak yang membutuhkan bantuan jasa.
Jika kisanak sukses membangun outsourcing system, sudah dapat dipastikan kisanak akan menuai passive income.
Tempat-tempatnya, kelebihan dan kekurangan serta tips dan trik ADA DI SINI.
ON FORUM MARKETING
Kisanak bisa menawarkan produk, jasa dan informasi yang kisanak miliki dengan cara ini. Kita tak perlu membuat website bahkan tidak perlu biaya dalam memasarkannya. Ikutilah berbagai forum untuk memperluas area pemasaran. Yang jelas ya harus sesuai antara karakteristik produk dengan bidang yang dibahas di forum.
Bahkan dalam kategori ini termasuk juga social networking sites seperti facebook atau tweeter, ternyata merupakan tempat yang sangat potensial sebagai media bisnis.
Tempat yang cocok serta kiat-kiatnya akan saya bahas di




VIRAL MARKETING
Biasanya lewat ebook. Kisanak pernah download ebook, dan di bawahnya ada iklan yang menuju ke link yang dimiliki oleh si pembuat? Begitulah viral marketing. Prinsipnya kita memberi dulu agar pembaca berminat untuk mengikuti kita.  Saya yakin kisanak bisa bikin ebook. Gampang kok bikin ebook.
Tips dan trik soal ini ada di:
OTHER WAY BUSSINES
Seiring perkembangan teknologi dan SDM yang juga makin pinter, semakin banyak hal yang bisa dilakukan di internet untuk cari duit. Beberapa merupakan percampuran dari berbagai metode di atas. Kalo sekarang ini ada sistem/cara baru, tunggu aja besok, pasti keluar hal-hal yang lebih baru lagi.
Sebagai contoh, kisanak tau poker kan, seperti aplikasi yang ada di facebook itu? Tempat itu juga bisa mendatangkan keuntungan.
Masih ada banyak cara selain yang ada di atas. Dan tidak menutup kemungkinan kisanak justru menemukan cara baru dalam berbisnis. Percayalah.. Percayalah.. Percayalah berbisnis di internet itu mudah

Via facebook
Saat ini facebook benar-benar memasuki masa tenar, sudah berapa juta jiwa manusia di segala penjuru dunia yang turut bermain facebook?yang jelas banyak banget. Kemarin pas liat SSTI tran tv juga ambil tema facebook, terus acara TV lainya juga dah pada pakek facebook untuk mendongkrak penonton misalnya bukan empat mata, selamat pagi, dan masih banyak lagi yang lain. Bahkan para artis saja juga dah pada pakek facebook untuk menampung fans’nya. Bagi pemain bisnis sejati jangan mau kalah sama artis, langsung saja manfaatkan facebook untuk mendongkrak bisnis anda. Kita bisa Promosi Bisnis Lewat Facebook, kita bisa nyari duit lewat facebook, kita bisa jadikan facebook arena bisnis. Jika kemarin saya dah menuliskan cara memasang produk difacebook maka kali ini saya akan menuliskan Cara Promosi Bisnis Lewat Facebook.

Promosi sangat penting untuk mengembangkan usaha bisnis karena dengan promosi bisnis kita bisa dikenal public, jika dah terkenal maka kesempatan mendapatkan keuntungan juga semakin terbuka lebar. Dan sarana promosi masa kini salah satunya anda bisa promosi lewat facebook. Dengan facebook anda bisa mempromosikan bisnis anda kepada rekan kontak ataupun jaringan yang telah anda ikuti. Bagaimana cara promosi lewat facebook? Salah satu diantaranya adalah dengan cara pasang iklan langsung dari facebook. Facebook menyediakan fasilitas iklan yang bisa anda gunakan untuk membuat dan memasang iklan. Tapi fasilitas yang saya maksud ini tidaklah gratis walaupun demikian facebook memberikan kelonggaran terhadap pemasang iklan untuk memilih sendiri biaya iklannya. Fasilitas ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung untuk mengoptimalkan iklan yang telah dipasang seperti laporan, pengelola iklan dan lainsebagainya.

Untuk membuat dan memasang iklan di facebook anda bisa mengikuti jejak langkah berikut ini:

1.Pertama-tama silahkan klik menu iklan dibagian bawah jendela facebook anda.

2.Setelah halaman beriklan difacebook muncul klik tombol Buat Sebuah Iklan.

3.Pada bagian memulai, ketikan alamat website anda didalam kotak url.

4.Jika sudah tekan tombol lanjut.

5.Berikutnya pada bagian Buat Iklan Anda, ketikan judul iklan didalam kotak text Judul.

6.Lalu masukan isi iklan didalam kotak text

7.Kemudian pilih opsi masukan foto pada kotak kombo foto, terus browse dan masukan gambar anda untuk melengkapi iklan anda, tunggu proses aploadnya kemudian tekan tombol lajut.

8.Pada bagian Jangkau Pemirsa yang Anda Inginkan maka disitu anda bisa menentukan target yang ingin anda tuju, pada kotak text kata kunci anda bisa memasukan beberapa kata kunci yang memiliki jangkauan target pasar lebih banyak. Semakin banyak jangkauan pasar niscaya kesempatan iklan anda terbaca oleh pengguna facebook juga semakin banyak.

9.Setelah itu silahkan mengisi berapa biaya yang sanggup anda bayar per klik didalam Bayar Per Klik pada bagian Harga Iklan Anda. Di halaman yang sama ini anda juga bisa mmengatur jam tayang iklan anda dan jika sudah klik tombol lanjut.

10.Pada bagian Tinjau Ulang Iklan, anda bisa meninjau ulang iklan anda dan jika masih ada yang kurang anda bisa tambahkan dengan cara menekan tombol Ubah Iklan.

11.Jika sudah lengkapi akun kredit anda untuk mempermudah pembayaran pemasangan iklan dibagian Akun Kartu Kredit

12.Kemudian akhiri dengan menekan tombol Lakukan Pemesanan. Dan dengan demikian anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak facebook, jika iklan anda disetujui maka iklan anda akan termuat dalam facebook.

Saya kira langkah-langkahnya cukup mudah, tapi saya yakin bagi kaum yang sukanya Cuma yang gratisan pasti tidak tertarik memanfaatkan momen ini. Tapi bagi pemain bisnis sejati yang ingin mendongkrak usaha bisnis anda tak ada salahnya memanfaatkan fasilitas ini, anggap saja ini sebagai promosi masa kini yang mengikuti gaya hidup teknologi. Bayangkan saja jika anda memasang iklan di spanduk, iklan baris, papan iklan, atau dimajalah dah pasti jangkauannya tidak seluas pasang iklan difacebook , sama-sama bayarnya bukan? Tapi dengan facebook mungkin akan lebih praktis dan jangkauan luas tanpa batas sampek puas. Dan saya rasa untuk promosi lewat facebook bisa diakhiri dulu.
·         Hal yang unik pemasaeana di facebook

1. Bagaimana cara mendatangkan ribuan pengunjung ke website dan memasarkan produk anda secara efektif di tengah hiruk pikuknya Facebook… hemat tenaga dan mudah dilakukan.



2. Satu teknik sederhana untuk merancang mesin promosi yang bisa menyebar seperti virus. Ada buat sekali, dan biarkan dia berkembang hingga tidak bisa anda kendalikan.



3. Bagaimana menghasilkan uang dengan membuat komunitas di Facebook. Saya akan berikan cara paling praktis untuk anda.



4. Bagaimana membuat komunitas bayangan secara cepat, yang akan menghisap ribuan pengguna Facebook lainnya.



5. Bagaimana mendapatkan daftar teman lebih cepat dan lebih banyak tanpa anda perlu mengenal mereka satu per satu. Jangan khawatir, dijamin mereka sesuai dengan topik produk anda.



6. dan masih banyak lagi…



Setelah anda menjalankan metode ini,…



1. Anda bisa hasilkan traffic sejak minggu pertama anda terapkan metode ini.



2. Traffic anda akan mengalir tanpa henti, tanpa perlu promosi dan promosi lagi.



3. Aliran pengunjung akan semakin besar, dan besar lagi menggunakan konsep viral marketing yang nanti akan saya kuak untuk anda.



4. Beban biaya promosi anda akan musnah karena metode ini tidak membutuhkan biaya apapun dari anda!



5. Bisnis anda lebih cepat berkembang, bahkan lebih cepat dari yang bisa anda bayangkan!



6. Menarik banyak pengunjung untuk datang ke website Anda tanpa bisa mereka tolak.



7. Viral traffic yang dihasilkan membuat jumlah traffic yang terus membesar seperti gelinding bola salju. Semakin besar dan menyebar luas!



8. Traffic tertarget yang dihasilkan membuat penjualan anda meroket cepat. Penjualan terus terjadi dan membuat anda tersenyum setiap hari.



9. Membuat “pusaran traffic” yang membuat siapa saja tak kuasa menolak ikut dalam pusaran traffic yang anda ciptakan.



10. Membuat group/page Facebook anda dihuni banyak orang hanya dalam beberapa hari saja.



Anda lihat, begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari informasi ini. Lebih penting lagi, bayangkan jika semua metode ini anda terapkan dan membuat bisnis anda meledak, jauh di atas perkiraan anda.



Informasi ini saya kemas dalam bentuk ebook, dalam 31 halaman… betul hanya dalam 31 halaman saja, namun penuh dengan manfaat. Anda tidak akan temukan teori-teori cara membuat account Facebook, karena saya yakin anda sudah tahu itu. Saya tahu waktu anda sedikit, dan anda ingin yang langsung to the point saja. Benar begitu?



Anda akan dapatkan metode yang langsung pada sasaran, disertai dengan gambar panduan agar anda bisa dengan mudah ikuti dan jalankan hari ini juga!



Dan yang lebih menyenangkan lagi…



1. Tidak memerlukan keahlian programming sedikitpun.

2. Tidak perlu modal karena cara ini bisa anda jalankan secara gratis.

3. Tidak perlu pengalaman, anda yang baru bisnis online seminggu pun bisa coba metode ini.

4. Tidak perlu promosi harian yang membosankan.

5. Anda bisa coba hari ini juga dan lihat hasilnya.

6. Anda bisa ulangi metodenya untuk skala dan hasil yang lebih besar.

7. Anda bisa santai sambil menunggu aliran traffic masuk tanpa henti
NAMA KELOMPOK: NUR ELSA NANDA 
                                ELFRISCA MELSYA FEBYANA
                                AYU PURNAMA DEWI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar